KETERAMPILAN
MENGADAKAN VARIASI
O
Menurut Didi Supardie dan Deni Darmawan
dalam bukunya“Komunikasi Pembelajaran” Keterampilan mengadakan Variasi ialah upaya
yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan kondisi belajar sehingga
pembelajaran selalu menarik dan efektif.
O
Menurut Ahmad Sabri dalam bukunya“
Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching” ketrampilan mengadakan Variasi ialah
suatu kegiatan guru dalam mengenal konteks interaksi belajar yang ditujukan
untuk mengatasi kebosanan murid dalam situasi belajar mengajar.
Tujuan
Mengadakan Variasi Mengajar :
O
Meningkatkan dan memelihara perhatian
peserta didik terhadap proses pembelajaran
O
Memberikan motivasi
O
Membentuk sikap positif terhadap guru
dan sekolah
O
Memberi pilihan dan fasilitas dalam
belajar individual
O
Mendorong peserta didik untuk belajar
dengan melibatkannya dalam berbagai pengalaman yang menarik pada berbagai
tingkat kognitif
Prinsip-prinsip
Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar :
O
Variasi hendaknya digunakan dengan suatu
maksud tertentu yang relavan dengan tujuan yang hendak dicapai
O
Variasi harus digunakan secara lancar
dan berkesinambungan sehingga tidak merusak perhatian siswa dan tidak menganggu
pelajaran
O
Direncanakan secara baik dan secara
ekplisit dicantumkan dalam RPP
Komponen-komponen
ketrampilan mengadakan variasi :
O
Variasi gaya mengajar
O
Variasi dalam menggunakan media
O
Variasi dalam interaksi
Kelebihan
keterampilan mengadakan variasi :
O
Kegiatan pembelajaran menjadi
menyenangkan baik bagi guru maupun bagi peserta didik.
O
Peserta didik menjadi semangat, penuh
perhatian serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
O
Tujuan pembelajaran akan tercapai secara
efektif dan efisien
Kekurangan
keterampilan mengadakan variasi :
O
Apabila guru salah atau keliru dalam
mengadakan variasi yang dilakukannya, maka peserta didik juga akan salah
penafsirannya dari pesan yang ingin disampaikan oleh guru.
O
Apabila guru berlebih-lebihan dalam
mengadakan variasi, maka pelajaran akan tergangu dan tujuan pembelajaran pun
tidak dapat tercapai secara efektif dan efisien.
O
Tidak semua siswa dapat menerima variasi
yang diberikan oleh guru, sehingga kadang siswa malah binggung dengan adanya
variasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar